Sifat-sifat Mulia Nabi Muhammad S.A.W


Nadham Lam yahtalim, demikianlah sebutannya yang popular di Indonesia pada umumnya merupakan nadham yang sering diucapkan secara berirama sesudah shalat atau pada moment lainnya. Nadham yang dinamakan juga dengan al-Syamail al-Muhammadiyah al-Syarifah ini mengandung penyebutan Sifat-sifat Mulia Nabi Muhammad S.a.w. Nadham ini antara lain telah disebut dalam kitab al-Maraqi al-Ubudiyah karangan Syeikh al-Nawawi al-Bantani.

Nadham Lam Yahtalim:

لَمْ يَحْتَلِمْ قَطُّ طٰـهَ مُطْـلَقًا أَبَدًا  *  وَمَا تَثـَائَبَ أَصْـلاً فِىْ مَدَى الزَّمَنِ
مِنْهُ الدَّوَابُ فَـلَمْ تَهْرَبْ وَمَـا وَقَعَتْ  *  ذُبَابَةٌ أَبَـدًا فِى جِسْمِـهِ الْحَسَنِ
بِخَلْـفِهِ كَأَمَـامٍ رُؤْيَةٌ ثَـــبَتَتْ  *  وَلَا يُرٰى أَثْـرُ بَوْلٍ مِـنْهُ فِيْ عَلَنِ
وَقَلْبُهُ لَمْ يَنَـمْ وَالْعَيْنُ قَدْ نَعَسَتْ  *  وَلَايَرٰى ظِـلَّهُ فِى الشَّمْسِ ذُوْ فَـطِنِ
كَـتْفَاهُ قَدْ عَلَـتَا قَوْمًا إِذَا جَلَسُوْا   *  عِنْـدَ الْوِلَادَةِ صِـفْ يَا ذَا بِمُخْتَتَنِ
هَذِه الْخَصَائِصَ فَاحْفَظْهَا تَكُنْ أٰمِنًا  *  مِنْ شَرِّ نَـارٍ وَسُرَّاقٍ وَمِـنْ مِحَنِ

Terjemahannya sebagai berikut:

1. Rasulullah S.a.w tidak pernah mimpi bersetubuh baik sebelum jadi nabi atau setelahnya. Beliau juga sama sekali tidak pernah menguap sepanjang masa.

2. Tidak ada satupun binatang yang melarikan diri (liar) dari Beliau. Tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh beliau yang mulia.

3. Beliau bisa mengetahui sesuatu yang ada di belakangnya, seperti Beliau melihat sesuatu itu yang ada di hadapannya. Bekas air kencing Beliau tidak pernah dilihat di permukaan bumi.

4. Hati Beliau tidak pernah tidur, walaupun mata beliau mengantuk. Bayangan Beliau tidak pernah dapat dilihat oleh orang cerdas ketika beliau kena sinar matahari.

5. Dua pundak Beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak orang-orang yang duduk bersama Beliau. Ceritakanlah sifat Beliau bahwa Beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan.

6. Ini semua merupakan keistimewaan Beliau, hendaknya engkau hapalkan bait tersebut, niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya dan musibah.

Dikalangan orang-orang daerah, di surau, di masjid-masjid atau tempat ibadah lainnya, setelah melantunkan nadham Lam Yahtalim ini, biasanya diiringi pula dengan nadham dengan bahasa daerah masing-masing yang merupakan terjemahan nadham Lam Yahtalim di atas.

Sumber rujukan penyebutan Sifat-sifat tersebut pada Nabi Muhammad S.a.w

1. Tidak pernah ihtilam (mimpi basah)

Al-Yusuf al-Nabhani telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Keterangan keistimewaan ini datang dari Ibnu Abbas R.a, beliau berkata:

مَا احْتَلَمَ نَبِيٌّ قَطُّ  إِنَّمَا الِاحْتِلَامُ منَ الشَّيْطَانِ

Artinya: "Tidaklah seorang nabi bermimpi basah sama sekali, karena mimpi basah datang dari syaithan.". (H.R. al-Thabrani).

Al-Haitsami mengatakan, dalam sanad hadits ini terdapat Abd al-Aziz bin Abi Tsabit, sedangkan beliau ini ijmak atas dha’ifnya.

2. Tidak pernah menguap

Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Dalam Kitab Fathulbarri, Ibnu Hajar al-Asqalany menyebutkan:

وَمن الخصائص النَّبَوِيَّة مَا أخرجه بن أَبِي شَيْبَةَ وَالْبُخَارِيُّ فِي التَّارِيخِ مِنْ مُرْسَلِ يَزِيدَ بْنِ الْأَصَمِّ قَالَ مَا تَثَاءَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَطُّ وَأَخْرَجَ الْخَطَّابِيُّ مِنْ طَرِيقِ مَسْلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ مَرْوَانَ قَالَ مَا تَثَاءَبَ نَبِيٌّ قَطُّ وَمَسْلَمَةُ أَدْرَكَ بَعْضَ الصَّحَابَةِ وَهُوَ صَدُوقٌ وَيُؤَيِّدُ ذَلِكَ مَا ثَبَتَ أَنَّ التَّثَاؤُبَ مِنَ الشَّيْطَانِ

”Termasuk keistimewaan kenabian adalah yang telah ditakhrij oleh Ibnu Abi Syaibah dan Al-Bukhari dalam al-Tarikh dari mursal Yazid bin al-Asham, beliau berkata: Nabi S.a.w tidak pernah menguap sama sekali. Al-Khathabi mengeluarkan dari jalur Maslamah bin Abd al-Malik bin Marwan, beliau berkata: Seorang nabi tidak pernah menguap sama sekali. Sedangkan Maslamah ini pernah bertemu sebagian Sahabat Nabi dan beliau adalah orang yang berkata benar. Riwayat ini juga didukung oleh riwayat yang Shahih yang menjelaskan bahwa menguap datang dari syaithan.”.

3. Tidak ada satu pun binatang yang melarikan diri (liar) dari Beliau

Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Qadhi ‘Iyadh meriwayatkan  dengan sanadnya sampai kepada Sayyidatina Aisyah R.a, beliau berkata:

كان عندنا داجن فاذا كان عندنا رسول الله صلعم قر وثبت مكانه فلم يجئ ولم يذهب واذا خرج رسول الله صلعم جاء وذهب

Artinya: "Di sisi kami ada binatang jinak, apabila Rasulullah S.a.w bersama kami, maka binatang itu tenang dan tetap pada tempatnya, tidak datang dan pergi, tetapi apabila Rasulullah S.a.w keluar, maka biantang itu datang dan pergi.". (HR Qadhi ‘Iyadh).

Dalam Kitab Dalail al-Nubuwah disebutkan riwayat dari Abu Hurairah R.a., beliau berkata:

وَجَاءَ الذِّئْبُ وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ فَأَقْعَى بَيْنَ يَدَيْهِ، ثُمَّ جَعَلَ يُبَصْبِصُ بِذَنَبِهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: هَذَا وَافِدُ الذِّئَابِ، جَاءَ يَسْأَلُكُمْ أَنْ تَجْعَلُوا لَهُ مِنْ أَمْوَالِكُمْ شَيْئًا ، قَالُوا: لَا وَاللهِ لَا نَفْعَلُ، وَأَخَذَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ حَجَرًا فَرَمَاهُ، فَأَدْبَرَ الذِّئْبُ وَلَهُ عُوَاءٌ

Artinya: Seekor serigala pernah datang kepada Rasulullah S.a.w duduk dan berjongkok di depan Beliau, kemudian menggerak-gerak ekornya. Melihat itu, Rasulullah S.a.w berkata: ini utusan serigala yang datang meminta suatu makanan dari kalian. Mereka menjawab: tidak, Demi Allah tidak akan kami lakukan. Seorang dari mereka mengambil batu melemparnya, serigala itu pun pergi sambil menyalak. (H.R. al-Baihaqi).

Kisah-kisah lain dimana binatang-binatang liar, jinak (tunduk) dengan Nabi S.a.w banyak disebut dalam riwayat-riwayat yang terdapat dalam Kitab Dalail al-Nubuwah karya al-Baihaqi dan al-Syifa’ bi Ta’rif Huquq al-Mushtafa karya Qadhi ‘Iyadh dan kitab-kitab lainnya yang berisi sekitar masalah kehidupan pribadi Nabi Muhammad S.a.w.

4. Tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh Beliau yang mulia.

Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Al-Yusuf  al-Nabhani juga menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Dalam kitabnya al-Khashaish al-Kubra, al-Suyuthi mengatakan bahwa Qadhi ‘Iyadh dalam kitab al-Syifa dan al-‘Uzfi dalam al-Maulid-nya mengatakan termasuk keistimewaan Nabi S.a.w tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh Beliau dan ini juga telah disebut oleh Ibnu Sab’in dalam al-Khashaish-nya dengan lafazh: “Tidak jatuh lalat atas pakaiannya sama sekali.”.

5. Bisa mengetahui sesuatu yang ada di belakangnya, seperti Beliau melihat sesuatu itu yang ada di hadapannya

Al-Yusuf  al-Nabhani menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab Beliau, al-Anwar  al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Qadhi ‘Iyadh menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, al-Syifa’ bi Ta’rif Huquq Al-Mushtafa. Dalam Shahih Muslim disebut hadits dari Abu Hurairah R.a, beliau berkata:

هَلْ تَرَوْنَ قِبْلَتِي هَا هُنَا؟ فَوَاللهِ مَا يَخْفَى عَلَيَّ رُكُوعُكُمْ، وَلَا سُجُودُكُمْ إِنِّي لَأَرَاكُمْ وَرَاءَ ظَهْرِي

Artinya: "Apakah kalian melihat kiblatku di sini?. Demi Allah tidak tersembunyi atasku rukuk dan sujud kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat kalian dari belakangku.". (H.R Muslim).

6. Bekas air kencing Beliau tidak pernah dilihat di permukaan bumi.

Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Di dalam kitab ini, Ibnu al-Mulaqqin menyebut hadits dari Aisyah R.a. yang disebut dalam kitab al-Ayat al-Bainat, karya Ibnu Dahyah, Aisyah R.a berkata:

يا رسول الله اني اراك تدخل الخلاء ثم يجئ الذي يدخل بعدك فلا يرى لما يخرج منك اثرا فقال يا عائشة ان الله تعالى امر الارض ان تبتلع ما خرج من الانبياء

Artinya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku melihat engkau memasuki jamban, kemudian masuk orang-orang sesudahmu. Tetapi orang itu tidak melihat bekas apapun yang keluar darimu.”, Rasulullah S.a.w bersabda: “Hai Aisyah, sesungguhnya Allah Ta’ala memerintah bumi menelan apa yang keluar dari para nabi.”.

Ibnu Dahyah mengatakan, sanadnya tsabit (maqbul), al-Suyuthi setelah menyebut beberapa jalur riwayat hadits yang semakna dengan hadits di atas ini, beliau mengatakan, jalur ini (hadits di atas) adalah yang paling kuat dari jalur-jalur hadits ini.

7. Hati Beliau tidak pernah tidur

Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Ini berdasarkan hadits Aisyah R.a, beliau berkata:

فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ، فَقَالَ: يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ، وَلَا يَنَامُ قَلْبِي

Artinya: "Aku mengatakan, Ya Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir?". Rasulullah S.a.w bersabda: “Ya Aisyah, sesungguhnya dua mataku tertidur, tetapi hatiku tidak pernah tidur.”. (H.R. Muslim).

8. Bayangan Beliau tidak pernah dapat dilihat ketika kena sinar matahari.

Al-Yusuf  al-Nabhani menyebut keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w ini dalam kitab beliau, al-Anwar  al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Dalam kitabnya al-Khashaish al-Kubra, al-Suyuthi mengatakan:

اخْرج الْحَكِيم التِّرْمِذِيّ عَن ذكْوَان ان رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لم يكن يرى لَهُ ظلّ فِي شمس وَلَا قمر قَالَ ابْن سبع من خَصَائِصه ان ظله كَانَ لَا يَقع على الأَرْض وَأَنه كَانَ نورا فَكَانَ إِذا مَشى فِي الشَّمْس أَو الْقَمَر لَا ينظر لَهُ ظلّ قَالَ بَعضهم وَيشْهد لَهُ حَدِيث قَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي دُعَائِهِ واجعلني نورا

“Al-Hakim al-Turmidzi telah mentakhrij dari Zakwan, sesungguhnya Rasulullah S.a.w tidak dilihat bayangannya pada terik matahari dan tidak juga pada bulan. Ibnu Sab’i mengatakan, termasuk keistimewaan Nabi S.a.w bayangannya tidak jatuh di atas bumi, karena sesungguhnya Beliau adalah cahaya. Karena itu, apabila berjalan pada terik matahari atau bulan, maka tidak dilihat bayangannya. Sebagian ulama mengatakan, riwayat ini didukung oleh hadits perkataan Nabi S.a.w dalam doanya: “Jadikanlah aku sebagai cahaya.”.

9. Dua pundak Beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak orang-orang yang duduk bersama Beliau.

Ibnu al-Mulaqqin menyebut bahwa Ibnu Sab’in mengatakan, salah satu keistimewaan Nabi Muhammad S.a.w adalah apabila duduk, maka beliau nampak lebih tinggi dari orang-orang yang duduk di sekitar Beliau. Pernyataan Ibnu Sab’in ini juga telah dikutip oleh al-Suyuthi dalam kitabnya, al-Khashaish al-Kubra. Dalam Kitab Syarah Al-Muwatha’, al-Zarqani mengatakan:

وَذَكَرَ رَزِينٌ وَغَيْرُهُ: كَانَ إِذَا جَلَسَ يَكُونُ كَتِفُهُ أَعْلَى مِنْ جَمِيعِ الْجَالِسِينَ، وَدَلِيلَهُ قَوْلُ عَلِيٍّ: ” إِذَا جَاءَ مَعَ الْقَوْمِ غَمَرَهُمْ"  إِذْ هُوَ شَامِلٌ لِلْمَشْيِ وَالْجُلُوسِ

”Raziin dan lainnya telah menyebutkan, Rasululullah S.a.w apabila duduk, bahunya nampak lebih tinggi dari semua orang-orang duduk. Dalilnya perkataan Ali R.a: ”Apabila Rasulullah S.a.w bersama kaum, Beliau  melebihi mereka”. Karena ini mencakup apabila berjalan dan duduk.

Perkataan Sayyidina Ali R.a ini ditakhrij oleh Abdullah bin Ahmad dan al-Baihaqi dari Ali.

10. Beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan

Al-Thabrani dalam al-Ausath, Abu Na’im, al-Khathib dan Ibnu ‘Asakir telah mentakhrij dari beberapa jalur dari Anas dari Nabi S.a.w, bersabda:

من كَرَامَتِي على رَبِّي اني ولدت مختونا وَلم ير أحد سوأتي

Artinya: "Sebagian dari kemulianku atas Tuhanku adalah aku dilahirkan dalam keadaan sudah dikhitan dan tidak ada yang melihat dua kemaluanku".

Hadits ini telah dinyatakan shahih oleh al-Dhiya’ dalam al-Mukhtarah. Al-Hakim dalam kitabnya al-Mustadrak mengatakan, telah mutawatir hadits-hadits yang menjelaskan bahwa Nabi S.a.w lahir dalam keadaan telah dikhitan.


Kitab-kitab rujukan:
Ath-Thabrani ~ al-Mu’jam al-Kabir, Al-Haitsami ~ Majma’ al-Zawaid, Al-Baihaqi ~ Dalail al-Nubuwah, As-Suyuthi ~ al-Khashaish al-Kubra, Az-Zarqani ~ Syarah al-Muwatha’, Imam Muslim ~ Shahih Muslim, Ibnu al-Mulaqqin ~ Ghayah al-Suul Fi Khashais al-Rasul, Ibnu Hajar al-Asqalany ~ Fathulbarri, Qadhi ‘Iyadh ~ al-Syifa’ bi Ta’rif  Huquq Al-Mushtafa, Al-Yusuf al-Nabhani ~ al-Anwar al-Muhammadiyah min al-MawAhib al-Laduniyah, al-Mathba’ah al-Adabiyah.

Sumber: www.kitab-kuneng.blogspot.com


Previous
Next Post »