Terjemah Kitab Uquudu Lujain - Imam Nawawi al-Bantani

"Sebuah risalah ringkas untuk memahami lebih jauh lagi mengenai tuntunan syariat dalam membina bahtera keluarga"


Rasulullah S.a.w bersabda: “Sebaik-baik orang di antara kamu adalah mereka yang paling bagus terhadap istri-istrinya. Dan aku adalah orang yang terbaik di antaramu terhadap keluargaku. (istri-istriku)”. (Riwayat Ibnu Hibban).

Berikut ini adalah sebuah bulletin yang dibuat dengan suatu pegangan kitab yaitu Uquudu Lujain Fii Bayaani Huquuzzaujaini karya Imam Nawawi al-Bantani. Sebuah bulletin berisikan risalah yang membahas perihal Rumah Tangga Islami. Dalam bulletin ini mencoba membawa pembaca untuk memahami lebih jauh lagi mengenai tuntunan syariat dalam membina bahtera keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Di dalamnya dibahas banyak perkara-perkara penting dalam bahtera keluarga, seperti hak-hak isteri terhadap suami dan juga sebaliknya, kewajiban menjaga diri dan keluarga, wasiat, nasehat bagi kedua pasangan serta berbagai permasalahan mendasar lainnya seputar kehidupan berumah-tangga. Satu yang menarik dalam bulletin ini ialah terdapatnya kisah-kisah dan hikayat tentang kehidupan berumah-tangga yang sarat dengan pelajaran-pelajaran berharga, yang tentunya diharapkan pembaca dapat menarik hikmah dari kisah dan hikayat tersebut.

Imam Nawawi al-Bantani adalah seorang Syekh yang diakui alim dalam semua bidang ilmu keislaman, hingga dalam dunia at-thariqah ash-shufiyah. Nama lengkapnya adalah Syekh Muhammad Nawawi bin Umar ibnu Arabi bin Ali al-Jawi al-Bantani. Beliau adalah anak sulung seorang ulama Banten, Jawa Barat, lahir pada tahun 1230 Hijriyah (1814 M) di Banten dan wafat di Mekkah tahun 1314 Hijriyah (1897 M). Semenjak kecil, beliau mendalami ilmu agama kepada ayahnya sendiri, hingga akhirnya beliau berangkat belajar ke Mekkah. Karena penguasaannya terhadap berbagi disiplin ilmu agama serta pemahamannya yang begitu luas, oleh para guru dan ulama, beliau digelari sebagai Imam Nawawi ats-Tsani, artinya Imam Nawawi yang Ke-dua. (yakni setelah Imam Nawawi ad-Dimsiqiy).

Download Terjemah Kitab Uquudu Lujain (Pdf) melalui: mediafire | wordpress (508 Kb).

Selamat membaca. Wassalam
Previous
Next Post »