Niat, Tiangnya Amal

Niat saleh dapat menyucikan amal dan melipat-gandakan pahala. Namun maksiat akan tetap maksiat, niat yang baik pun tidak akan dapat merubahnya

Niat saleh adalah kecenderungan dan keinginan hati untuk berbuat baik. Suara hati merupakan sumber dan penyebab pertama timbulnya niat. Niat adalah ruhnya amal, seperti ruh bagi jasad, dan hujan bagi bumi. Barang siapa yang niat dan tujuannya untuk Allah dan Rasul-Nya, maka ia memiliki niat yang saleh, karena itu carilah selalu niat-niat saleh.

Niat ada yang saleh dan ada yang buruk. Dalam suatu amal (perbuatan) kadang kala dapat diperoleh niat yang banyak. Rasulullah S.a.w bersabda, “Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya seseorang itu hanya akan mendapatkan sesuai dengan niatnya.”.

Niat yang baik akan membuahkan amal yang baik, sedangkan niat yang buruk akan mengakibatkan amal yang buruk.

Allah S.w.t berfirman: “Padahal mereka tidak diperintahkan melainkan supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya.”. (QS 98 Al-Bayyinah: 5)  ”Yakni, dengan niat yang ikhlas untuk Allah. Niat juga merupakan salah satu sebab untuk memperoleh taufik: Jika kedua juru pendamai itu berniat mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami istri itu (untuk berdamai).”. (QS 4 An-Nisa: 35).

Nabi S.a.w bersabda: “Barang siapa berniat melakukan kebajikan, namun ia tidak mengamalkannya, Allah akan mencatatkan kebajikan baginya.”, dan juga sabda Beliau S.a.w: “Mereka kelak dikumpulkan berdasarkan niat mereka.”.

Imam At-Tsauri berkata, “Dahulukan mereka mempelajari niat untuk beramal, sebagaimana mereka mempelajari amal.”.

Dan diriwayatkan dalam kitab Taurat, bahwa Allah Ta’ala berfirman, “Segala sesuatu yang diniatkan untuk-Ku, maka sedikitnya adalah banyak, dan segala sesuatu yang ditujukan kepada selain Aku, maka banyaknya adalah sedikit.”.

Bilal bin Sa’ad berkata, “Sesungguhnya seorang hamba akan mengucapkan ucapan seorang mukmin, maka Allah tidak akan membiarkannya sebelum menyaksikan amalnya, jika ia mengamalkannya, maka Allah tidak akan membiarkannya sebelum menyaksikan niatnya, jika niatnya baik, Allah akan memperbaiki kelemahan amalnya.”.


"Niat seorang mukmin, lebih baik dari pada amalnya"


Niat adalah tiangnya amal, oleh karena itu amal sangat membutuhkan niat. Nabi S.a.w bersabda: “Niat seorang mukmin lebih baik dari pada amalnya.”. Hati adalah pengawas yang ditaati dan niat adalah amal hati. Amal tanpa niat yang saleh tidak akan bermanfaat, dan amal dengan niat yang buruk akan mencelakakan.

Banyaknya niat tergantung pada banyaknya usaha untuk berbuat kebaikan, keluasan ilmu dan ketekunan dalam menghimpun berbagai niat yang baik. Dan banyaknya niat ini dapat menyucikan dan melipat-gandakan amal. Namun maksiat akan tetap maksiat, karena niat baik tidak akan dapat merubahnya.

Berbagai amal yang mubah, dengan niat yang benar dari seorang yang sidq, dapat menjadi sebaik-baik pendekatan diri kepada Allah S.w.t. Adapun mereka yang selalu disibukkan dengan urusan keduniaan (duniawi), niat-niat saleh tersebut tidak akan terlintas dalam benak mereka. Jika mereka mengaku memiliki suatu niat baik, ketahuilah.. "Sesungguhnya itu hanyalah bisikan hati, bukan niat".

Saat melaksanakan atau meninggalkan suatu amal harus disertai dengan niat yang baik, karena meninggalkan suatu amal adalah amal juga. Oleh karena itu, jangan sampai hawa nafsu yang tersembunyi menjadi penggerak suatu amal. Karena alasan inilah beberapa sufi urung melaksanakan suatu ketaatan, karena gagal menetapkan niat yang baik.

Niat adalah fath dari Allah S.w.t, yang pada dasarnya tidak bisa diusahakan. Niat yang baik ini oleh Allah Ta’ala dianugerahkan kepada orang-orang yang berhati suci, memiliki ilmu yang luas dan selalu disibukkan dengan ajaran Allah, bukan orang-orang seperti kita. Kita ini tidak mudah untuk berniat baik, bahkan walaupun dalam melaksanakan yang wajib, kecuali setelah berusaha dengan susah payah.

~ Al Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi ~
Syarhul Ainiyyah, Wasiat dan Nasihat

Previous
Next Post »