Nama-nama Nabi Muhammad S.A.W

Nabi Muhammad S.A.W pernah bersabda berkenaan dengan nama-nama Beliau: “Aku adalah Muhammad, aku adalah Ahmad dan al-Mahi (penghapus) yang dengannya Allah menghapus kekufuran. Aku adalah al-Hasyir (pengumpul) yang dengan jejakku Allah mengumpulkan umat manusia. Aku adalah al-‘Aqib (Pamungkas) karena tak ada Nabi lagi sesudahku”. Dalam sebuah riwayat: “Aku adalah al-Muqaaffa (yang ditakuti), aku adalah Nabi at-Taubah dan Nabi ar-Rahmah”. Dalam shahih Muslim: “Nabi al-Mulhimah”.

Al Qur'an al-Karim menyebut Beliau dengan beberapa sebutan: Basyir (pembawa kabar gembira), Nadzir (pemberi peringatan), Siraj al-Munir (Pelita Penerang), Ra’uf (Penyantun), Rahim (penyayang), Rahmatan lil-‘alamin (Rahmat bagi alam semesta), Muhammad, Ahmad, Thaha, Yasin, Muzzammil (Orang yang berselimut), dan ‘Abdullah (Hamba Allah): yaitu sebagaimana Firman Allah S.w.t dalam Surah al-Jinn ayat 19, yang artinya:

…Dan bahwasanya ketika Abdullah —yakni Muhammad S.A.W— berdiri berdoa Kepada-Nya…

Dalam ayat tersebut Allah menyebut Beliau dengan sebutan ‘Abdullah (Hamba Allah). Nama Beliau yang lain lagi adalah An-Nadzir al-Mubin (orang yang memberi peringatan dengan jelas dan terang), yaitu sebagaimana firman Allah dalam Surah al-Hijr ayat 89, yang artinya:

Dan katakanlah (Wahai Nabi), “Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang jelas.”

Sedangkan nama Beliau “Mudzakkir” adalah seperti diungkap dalam Al Qur'an (QS 88: 21) yang artinya:

Sesungguhnya engkau adalah pemberi peringatan (Mudzakkir).

Disamping nama-nama di atas, masih ada beberapa nama dan sifat Nabi Muhammad S.a.w yang lain, yang tak termuat dalam tulisan ini.

~ Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Bin ‘Abbas Al-Maliki al-Hasani ~
Ringkasan Sejarah Nabi Muhammad S.A.W
Terbitan Darul Hidayah

Previous
Next Post »