Masjid, Istana Orang-orang Beriman - Al Habib Ahmad bin Novel bin Jindan

Wahai para pemuda-pemudi yang mencintai majelis dan pengajian..! Siapa yang lebih pantas memakmurkan masjid dan musholla dari pada kalian? Siapa yang lebih patut untuk memuliakan dirinya sebagai tamu Allah dirumah-Nya dari pada kalian? Kalian yang dipilih oleh Allah untuk mencintai kebaikan, kalian yang dipilih Allah untuk mencintai majelis dan pengajian, kalian dipilih Allah untuk mendengarkan seruan Allah yang mengajak kepada kabaikan. Siapa yang lebih patut dari pada kalian untuk menghibur masjid dan musholla yang telah lama tenggelam dalam kesedihan dan kesepiannya? Yang telah lama menangis merindukan tamu-tamu Allah. ~ Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan

Para pembaca sahabat-sahabatku yang dimuliakan Allah, alangkah indahnya ketika kita melihat Indonesia yang kita cintai ini, pemandangan yang sangat menggembirakan dan menghibur hati, yaitu ketika kita melihat para pemuda-pemudi yang sangat banyak jumlahnya gemar menghadiri pengajian dan majelis-majelis ilmu dan dzikir di berbagai tempat. Hampir setiap malam kita melihat kendaraan bermotor yang jumlahnya sangat banyak dengan tertib dikendarai oleh pemuda-pemudi dengan pakaian putih dan hitam menuju atau kembali dari majelis-majelis ilmu dan dzikir. Hampir setiap jalan-jalan di warnai dengan umbul-umbul yang menandakan keberadaan pemuda-pemudi yang sedang meramaikan pengajian-pengajian. Harapan kepada Allah agar menjadikan pemandangan indah ini sebagai permulaan pertolongan Allah untuk umat islam dan sebagai bulan sabit yang senantiasa berkembang menjadi purnama yang bersinar terang di alam semesta. Amin ya rabbal alamin.

Ketika kita berjelajah di jalan-jalan, kota-kota dan perkampungan, maka akan kita dapati masjid-masjid dan musholla-musholla yang tersebar bagaikan rumput yang subur di musim hujan. Hampir disetiap gang, akan kita dapati masjid atau musholla. Beberapa diantaranya sangatlah megah dan mewah. Namun alangkah sedih ketika kita menyaksikan pemandangan indah masjid dan musholla tersebut yang hanya berupa bangunan tak berpenghuni. Perbedaan yang sangat jelas dan nyata antara majelis-majelis dan perkumpulan ilmu dan dzikir dengan masjid-masjid dan musholla.

Dalam kitab Riyadhus Sholihin Al Imam An Nawawi meriwayatkan banyak hadits tentang kemulian melangkah menuju masjid, solat berjamaah di masjid dsb. Berikut ini adalah kutipan dari hadits-hadits tersebut:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa pergi ke masjid pada waktu pagi atau sore hari, maka Allah menyediakan untuknya suatu hidangan - yang lazim diberikan untuk tamu di syurga, setiap kali ia pergi pagi atau sore hari itu." (Muttafaaq 'alaih)

Masjid - Istana Orang-orang Beriman sebuah dari tulisan dari Al Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan, dapat anda download melalui links berikut:

melalui majelis Rasulullah | mediafire | 4shared (PDF file, 991 Kb)

Lihat selengkapnya kategori: Download

Previous
Next Post »