Penghormatan Kepada Orang-orang Shaleh

"Jika ia melihat mereka dengan pandangan husnudzdzon, maka ia akan mendapatkan karunia dan pemberian dari Allah sebesar rasa husnudzdzonnya kepada mereka"

Al Habib Abdullah bin Husin Bin Thohir Ba'alawy R.a berkata: "Bawalah dirimu senantiasa berkumpul dengan orang-orang yang shaleh dan biasakanlah berperilaku sebagaimana perilaku mereka. Ambillah manfaat dari perbuatan-perbuatan dan perkataan-perkataan mereka. Biasakanlah berziarah kepada mereka baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal disertai dengan sebaik-baiknya penghormatan dan husnudzdzon (berbaik sangka) yang tulus. Dengan cara itulah orang yang mengunjungi mereka akan mendapat manfaat dan karunia melalui mereka.".

Sesungguhnya begitu sedikitnya kemanfaatan yang didapatkan oleh orang-orang sekarang dari keberadaan para shalihin karena sedikitnya rasa penghormatan dan husnudzdzon mereka kepada para shalihin, sehingga mereka tidak mendapatkan keberkatan dari para shalihin. Mereka juga tidak pernah menyaksikan karomah-karomah para shalihin sehingga mereka mengatakan bahwa tidak ada Auliya’ pada jaman ini. Padahal alhamdulillah mereka para wali Allah saat ini begitu banyak, baik yang kelihatan maupun yang tersembunyi.

Tidaklah mengetahui keberadaan mereka kecuali orang-orang yang hatinya diberi cahaya oleh Allah dengan cahaya-cahaya penghormatan dan husnudzdzon kepada para shalihin. Oleh karena itu tepatlah yang dikatakan dalam suatu penuturan "Almadad fil masyhad".

Maksud dari "Almadad fil masyhad" adalah besarnya karunia dan pemberian Allah kepada seseorang yang didapatkan dari para shalihin adalah tergantung dari seberapa besar orang tersebut memandang dan memposisikan mereka di dalam dirinya. Jika dia melihat para shalihin tadi dengan suudzdzon (berburuk sangka), maka karunia dan pemberian yang ia dapatkan tentunya sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Jika ia melihat mereka dengan pandangan husnudzdzon, maka ia akan mendapatkan karunia dan pemberian dari Allah sebesar rasa husnudzdzonnya kepada mereka.

~ Al-Habib Abdulloh bin Husin Bin Thohir Ba'alawy ~

[Diambil dari Majmu' kalam Al-Habib Abdulloh bin Husin Bin Thohir Ba'alawy, hal. 71-72]
Majlis Ta'lim Wad Da'wah Lil Ustadz Al Habib Sholeh bin Ahmad bin Salim Al Aydrus, Malang

Selanjutnya marilah kita menyimak penyampaian singkat dari Al Habib Ali Zainal Abidin Al Hamid yang berjudul "Perhatikan, Dengan Siapa Kita Bersahabat".



Wassalam

Label : Hikmah | Maulid | Shalawat | Download
Previous
Next Post »