Penjelasan Kitab Ar-Risalatul Jami’ah - Al Habib Munzir Al Musawa

Kitab Ar-Risalah Al Jami’ah adalah kitab fiqh yang ditulis oleh Hujjatul Islam wabarakatul anam Al Imam Muhammad bin Zein Al Habsyi R.a, yang oleh gurunya yaitu Hujjatul Islam Al Imam Abdullah bin Alwi Al Haddad sahib Ar-Ratib R.a, beliau berkata bahwa salah satu muridnya yang sampai derajat ilmu syariatnya kepada Al Imam As-Syafi'i adalah Al Imam Ahmad bin Zein Al Habsyi.

Kitab fiqh ringkas ini dijelaskan oleh Al Habib Munzir Al Musawa dengan pensyarahan yang tidak rumit sehingga dengan mudah dapat kita pahami.

Sedikit dari sejarah kehidupan Al Habib Ahmad bin Zein al Habsy, bahwa beliau dilahirkan di kota Ghurfa pada awal tahun 1069 H, di sanalah beliau tumbuh hingga dewasa. Pada awal-awal mencari ilmu, Al Habib Zein banyak berjalan kaki bepindah-pindah dari satu kota ke kota yang lainnya, Shibam, Tares, Seiwun, dan Tarem untuk mencari ilmu. Beliau menimba ilmu dari gurunya Sayyed Ahmad bin Abdullah Balfageh, belajar ilmu syari'ah, tasawwuf, sejarah, sastra, adab dan lainnya. Salah satu gurunya yang masyhur adalah Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad, yang selama 40 tahun membaca kepada beliau lebih dari 70 kitab dari berbagai macam ilmu, hingga saat kewafatan menghampiri guru beliau, yang ketika itu sedang membaca kitab al Muwattha.

Gurunya yaitu Imam Haddad menyifati beliau dengan sifat; orang 'alim yang zuhud dan banyak dikunjungi dari berbagai penjuru dunia. Al Habib Zein banyak menulis buku-buku, nasehat (ceramah) dan tulisan-tulisan yang kesemuanya sangat membawa manfaat dan faedah, beliau juga telah membangun sejumlah mesjid di wilayah Hadramaut. Beliau wafat pada Asar hari Jum'at 19 Sya'ban 1145 H di Hadramaut.

e-Book: Al Habib Munzir Al Musawa - Penjelasan Kitab Ar-Risalatul Jami’ah
Download links: mediafire | 4shared | wordpress

Keterangan:
- File Pdf, 149 halaman, memuat bagian 1 s/d 30, size 9 Mb
- Buka jendela bookmark atau go to.. untuk berpindah ke bagian lainnya
- Bersumber dari halaman tayang www.majelisrasulullah.org

Semoga bermanfaat, wassalam

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Download juga: e-Book Tausiyah Al Habib Munzir Al Musawa

Previous
Next Post »

3 Komentar

Write Komentar
Anonim
AUTHOR
29 Juni, 2016 delete

Ijin download ya
Trmksih, smga brmnfaat

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 Juli, 2017 delete

Izin download ��

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 Maret, 2018 delete

Assalamu'alaikum☺ akhi izin download kitab kitab yg ada di blognya.
Syukron!!!

Reply
avatar